Jumat, 17 Agustus 2012
Rabu, 04 Juli 2012
CIRI KHAS KEBUDAYAAN BETAWI
7/04/2012 08:35:00 AM
Unknown
CIRI KHAS KEBUDAYAAN BETAWI JAKARTA
BAB I PENDAHULUAN
1 1.1 Latar Belakang
Negara Indonesia termasuk masyarakat multikultural.
terdapat (2) istilah, yaitu masyarakat adalah persekutuan hidup manusia yang
menempati wilayah tertentu. Sedangkan konsep multikultural terdiri atas (2)
kata, yaitu multi berarti banyak dan kultural yang artinya kebudayaan. Jadi,
masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki struktur atau tipe
budaya yang lebih dari satu dan beranekaragam.
Pada hakikatnya masyarakat multikultural adalah
masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa dimana masing-masing
mempunyai struktur budaya yang berbeda-beda. Dalam hal ini masyarakat bersifat
heterogen yang pola hubungan sosialnya bersifat toleran dan harus menerima kenyataan
untuk hidup berdampingan secara damai.
Perbedaan yang terdapat pada masyarakat
multikultural, yaitu SARA (suku, agama, ras dan adat istiadat). Adapun
keragaman dalam sistem budaya, seperti bahasa, sistem religi, kesenian, ilmu
pengetahuan, teknologi, mata pencaharian, dan organisasi sosial.
Alasan inilah yang membuat saya ingin membahas
perbedaan-perbedaan kebudayaan yang ada dimasing-masing daerah. Pastinya setiap
daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri pada kebudayaannya untuk
dapat membedakan kebudayaan satu dengan lainnya tetapi masih didalam lingkup
kesederajatan. Kali ini saya akan membahas tetang ciri khas kebudayaan suku
Betawi Jakarta.
2 2.1 Tujuan
Dari latar belakang diatas, tujuan yang saya dapat
simpulkan dalam pembahasan makalah ini, yaitu :
1)
Memahami
definisi budaya dan kebudayaan.
2)
Mengetahui
sejarah terbentuknya suku Betawi Jakarta.
3)
Mengetahui ciri
khas kebudayaan suku Betawi Jakarta.
4)
Mengetahui
jenis-jenis kebudayaan yang ada di Jakarta tepatnya suku Betawi.
5)
Menambah wawasan
dan pengetahuan yang dimiliki.
6)
Dapat digunakan
sebagai referensi untuk penyusunan makalah sejenis.
BAB
II PEMBAHASAN
1.1 Definisi Budaya dan Kebudayaan
Budaya
berasal dari bahasa Sansekertabuddhayah bentuk jamak dari buddhi artinya budi
atau akal. Jadi, budaya adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi atau akal
manusia dan segala sesuatu yang dihasilkan oleh budi atau akal tersebut. Budaya adalah
suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok
orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Budaya terbentuk
dari banyak unsur-unsur yang rumit termasuk dalam hal ini adalah sistem agama dan politik
adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan
karya seni. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat
kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku
komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan
sosial manusia. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang
koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya
meramalkan perilaku orang lain.
Dalam bahasa
Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari
kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan
juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang
diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Kebudayaan
sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw
Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat
ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan
meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga
dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan
perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai
makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata,
misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi,
seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam
melangsungkan kehidupan bermasyarakat
Dengan
demikian tidak ada budaya tanpa manusia dan tidak ada manusia tanpa budaya.
Jadi hubungan antara manusia dan budaya seperti (2) sisi mata uang yang tidak
terpisahkan.
2.1 Sejarah Suku Betawi Jakarta
Kata
Betawi digunakan untuk menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta dan bahasa
Melayu Kreol yang digunakannya, dan juga kebudayaan Melayunya. Kata Betawi
sebenarnya berasal dari kata "Batavia," yaitu nama kuno Jakarta yang
diberikan oleh Belanda.
Diawali
oleh orang Sunda (mayoritas), sebelum abad ke-16 dan masuk ke dalam Kerajaan
Tarumanegara serta kemudian Pakuan Pajajaran. Selain orang Sunda, terdapat pula
pedagang dan pelaut asing dari pesisir utara Jawa, dari berbagai pulau
Indonesia Timur, dari Malaka di semenanjung Malaya, bahkan dari Tiongkok serta
Gujarat di India.
Antropolog
Universitas Indonesia, Dr. Yasmine Zaki Shahab, MA memperkirakan, etnis Betawi
baru terbentuk sekitar seabad lalu, antara tahun 1815-1893. Perkiraan ini
didasarkan atas studi sejarah demografi penduduk Jakarta yang dirintis
sejarawan Australia, Lance Castle. Di zaman kolonial Belanda, pemerintah selalu
melakukan sensus, yang dibuat berdasarkan bangsa atau golongan etnisnya. Dalam
data sensus penduduk Jakarta tahun 1615 dan 1815, terdapat penduduk dari
berbagai golongan etnis, tetapi tidak ada catatan mengenai golongan etnis
Betawi.
Rumah
Bugis di bagian utara Jl. Mangga Dua di daerah kampung Bugis yang dimulai pada
tahun 1690. Pada awal abad ke 20 ini masih terdapat beberapa rumah seperti ini
di daerah Kota. Hasil sensus tahun 1893 menunjukkan hilangnya sejumlah golongan
etnis yang sebelumnya ada. Misalnya saja orang Arab dan Moor, orang Jawa dan
Sunda, orang Sulawesi Selatan, orang Sumbawa, orang Ambon dan Banda, dan orang
Melayu.
Sifat
campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara
umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang
berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing. Dalam
bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang
berasal dari seni musik Tiongkok, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada
tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab dan
Tanjidor yang berlatar belakang ke-Belanda-an.
Secara
biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum
berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Mereka adalah hasil kawin-mawin
antaretnis dan bangsa di masa lalu.
3.1 Terbentuknya Kebudayaan Suku Betawi Jakarta
Kebudayaan
suku Betawi merupakan kebudayaan asli kota Jakarta. Kebudayaan suku Betawi
terbentuk akibat akulturasi (pencampuran) berbagai kebudayaan yang telah ada
sebelumnya. Karena sikap keterbukaan orang Betawi dan penghargaan tinggi
terhadap perbedaan juga turut mempercepat akulturasi tersebut. Karena
akulturasi itu, kebudayaan suku Betawi dapat dikelompokkan berdasarkan pengaruh
kebudayaan-kebudayaan asal yang membentuknya, yaitu :
Ø Kebudayaan yang terbentuk karena pengaruh kebudayaan
Arab dan Melayu, seperti alat musik Samrah, Rebana dan Marawis.
Ø Kebudayaan yang terbentuk karena pengaruh kebudayaan
Cina, seperti tari Yapong, Lenong, tari Cokek, Gambang Kromong, dan Topeng
Betawi.
Ø Kebudayaan yang terbentuk karena pengaruh kebudayaan
Portugis dan Belanda, seperti Keroncong Tugu dan Tanjidor.
Kebudayaan
suku Betawi bisa jadi menjadi kebudayaan terkaya di Indonesia. Mengingat
akulturasi pada suku ini sangat banyak. Tidak mengherankan jika kebudayaan suku
Betawi dapat menarik minat pendatang untuk tinggal di Jakarta untuk
berlangsungnya kebudayaan Betawi secara turun-temurun.
4.1 Kebudayaan Suku Betawi dalam seni musik
Gambang Kromong
Salah
satu musik khas dari kesenian Betawi yang paling terkenal adalah Gambang
Kromong, dimana dalam setiap kesempatan perihal Betawi, Gambang Kromong
selalu menjadi tempat yang paling utama. Hampir setiap pemberitaan yang
ditayangkan di televisi, Gambang Kromong selalu menjadi ilustrasi musiknya.
Kesenian
musik ini merupakan perpaduan dari kesenian musik setempat dengan Cina.
Hal ini dapat dilihat dari instrumen musik yang digunakan, seperti alat musik
gesek dari Cina yang bernama Kongahyan, Tehyan dan Sukong. Sementara alat musik
Betawi antara lain; gambang, kromong, kemor, kecrek, gendang kempul dan gong.
Kesenian
Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah
Tangerang. Bermula dari sekelompok grup musik yang dimainkan oleh beberapa
orang pekerja pribumi di perkebunan milik Nie Hu Kong yang berkolaborasi dengan
dua orang wanita perantauan Cina yang baru tiba dengan membawa Tehyan dan
Kongahyan.
Pada
awalnya lagu-lagu yang dimainkan adalah lagu-lagu Cina, pada istilah sekarang
lagu-lagu klasik semacam ini disebut Phobin. Lagu Gambang Kromong muatan lokal
yang masih kental unsur klasiknya bisa didengarkan lewat lagu Jali-Jali Bunga
Siantan, Cente Manis, dan Renggong Buyut.
Pada
tahun 70-an Gambang Kromong sempat terdongkrak keberadaannya lewat sentuhan
kreativitas "Panjak" Betawi legendaris "Si Macan Kemayoran",
Almarhum H. Benyamin Syueb bin Ji'ung. Dengan sentuhan berbagai aliran musik
yang ada, jadilah Gambang Kromong seperti yang kita dengar sekarang. Hampir di
tiap hajatan atau "kriya'an" yang ada di tiap kampung Betawi,
mencantumkan Gambang Kromong sebagai menu hidangan musik yanh paling utama. Seniman
Gambang Kromong yang dikenal selain H. Benyamin Syueb adalah Nirin Kumpul, H.
Jayadi dan bapak Nya'at.
Seiring
dengan perkembangan zaman, keberadaan musik ini menjadi
"terengah-engah" antara hidup dan mati (dalam tabel yang dibuat Yahya
AS termasuk dalam kondisi "sedang"). Musik ini hanya terdengar di
antara bulan Juni saja, yaitu sewaktu hari ulang tahun Jakarta. padahal tanggal
dan tahun kelahiran kota jakarta saja belum jelas pastinya. Itupun di tempat-tempat
tertentu, seperti di Setu Babakan misalnya.
Diperlukan
pembinaan dan pelestarian berkelanjutan seni musik Gambang Kromong ini,
khususnya bagi generasi muda Betawi. Kepedulian generasi muda Betawi terhadap
keseniannya (seni musik dan seni silat) hendaknya harus melebihi generasi muda
di daerah lainnya, karena keberadaan etnis Betawi itu sendiri yang berada di
ibu kota Jakarta sebagai etalase kebudayaan Indonesia.
5.1 Kebudayaan Suku Betawi dalam seni teater
Lenong Betawi
Lenong
adalah teater rakyat khas Betawi yang dikenal sejak tahun 1920-an. Sejak awal
keberadaannya, diiringi dengan musik gambang kromong. Dalam dua Lenong dikenal
dua jenis cerita yaitu Lenong Denes (bercerita tentang kerajaan atau kaum
bangsawan) sementara Lenong Preman berkisah tentang kehidupan rakyat
sehari-hari ataupun dunia jagoan.
Lenong
Denes sendiri adalah perkembangan dari bermacam bentuk teater rakyat Betawi
yang sudah punah, seperti wayang sumedar, wayang senggol ataupun wayang
dermuluk. Sementara lenong preman disebut-sebut sebagai perkembangan dari
wayang sironda. Yang cukup signifikan dalam perbedaan penampilan kedua
lenong tersebut, Lenong Denes umumnya menggunakan bahasa Melayu halus, sedang
Lenong Preman rata-rata menggunakan bahasa Betawi sehari-hari.
Beberapa
seniman Lenong Betawi terkenal yang lahir dan terkenal dari kesenian ini cukup
banyak. Sebut saja H. Bokir (alm), Mpok Nori sampai Mandra. Namun tokoh dalam
bidang ini siapa lagi kalau bukan H.M. Nasir T (Bang Nasir).
6.1 Kebudayaan Suku Betawi dalam seni tari
Tari Yapong
Tari
Yapong ialah tari yang aktraktif yang para penarinya menggunakan pakaian merah
mencolok bernuansa Cina dengan konde yang khas mengerucut diatas kepala. Musik
pengiringnya adalah musik-musik perkusi yang dinamis dan meriah. Dalam tradisi
kebudayaan suku Betawi, tarian ini biasa dibawakan pada pertemuan resmi,
seperti penyambutan tamu kehormatan dan pembukaan suatu kegiatan.
7.1 Kesenian Suku Betawi Ondel-Ondel
Ondel-ondel
merupakan hasil dari kebudayaan Betawi yang berupa boneka besar yang tingginya
mencapai sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, boneka ini dibuat dari
anyaman bambu yang dibuat agar dapat dipikul dari dalam oleh orang yang
membawanya. Boneka tersebut dipakai dan dimainkan oleh orang yang
membawanya. Pada wajahnya berupa topeng atau kedok yang dipakaikan ke anyaman
bambu tersebut, dengan kepala yang diberi rambut dibuat dari ijuk. Wajah
ondel-ondel laki-laki biasanya di cat dengan warna merah, sedangkan yang
perempuan dicat dengan warna putih.
Jenis
pertunjukan ini diduga sudah ada sebelum tersebarnya agama Islam di pulau Jawa
dan juga terdapat di berbagai daerah dengan pertunjukkan yang sejenis. Di
Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan
Buncis, sedangkan di Bali dikenal dengan nama Barong Landung.
Awal
mulanya pertunjukan ondel-ondel ini berfungsi sebagai penolak bala dari
gangguan roh halus yang mengganggu. Namun semakin lama tradisi tersebut berubah
menjadi hal yang sangat bagus untuk dipertontonkan, dan kebanyakan acara
tersebut kini di adakan pada acara penyambutan tamu terhormat, dan untuk
menyemarakkan pesta-pesta rakyat serta peresmian gedung yang baru selesai
dibangun.
Disamping
untuk memeriahkan arak-arakan pada masa yang lalu biasa pula mengadakan
pertunjukan keliling, “Ngamen”. Terutama pada perayaan-perayaan Tahun Baru,
baik masehi maupun Imlek. Sasaran pada perayaan Tahun Baru Masehi daerah
Menteng, yang banyak dihuni orang-orang Kristen. Pendukung utama kesenian
ondel-ondel adalah petani yang termasuk “abangan”, khususnya yang terdapat di
daerah pinggiran kota Jakarta dan sekitarnya.
Musik
yang mengiringi ondel-ondel tidak tertentu, tergantung dari masing-masing rombongan. Ada yang
diiringi tanjidor, seperti rombongan ondel-ondel pimpinan Gejen, kampung
setu. Ada yang diiringi dengan pencak Betawi seperti rombongan “Beringin Sakti”
pimpinan Duloh, sekarang pimpinan Yasin, dari Rawasari. Adapula yang diiringi
Bende, “Kemes”, Ningnong dan Rebana ketimpring, seperti rombongan ondel-ondel
pimpinan Lamoh, Kalideres. Ondel-ondel betawi tersebut pada dasarnya masih
tetap bertahan dan menjadi penghias di wajah kota metropolitan Jakarta.
BAB III PENUTUP
1.1 Kesimpulan
Budaya
bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan
perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak
kegiatan sosial manusia. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu
kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan
memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.
kebudayaan
adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya,
berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola
perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan
lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan
kehidupan bermasyarakat
Dengan
demikian tidak ada budaya tanpa manusia dan tidak ada manusia tanpa budaya.
Jadi hubungan antara manusia dan budaya seperti (2) sisi mata uang yang tidak
terpisahkan.
Kebudayaan
yang merupakan ciri khas dari suku Betawi adalah alat musik Gambang Kromong,
tari Yapong, Lenong dan Ondel-ondel.
2.1 Saran
Ø Indonesia merupakan masyarakat multikultural, jadi
hormati dan hargailah kebudayaan dari suku lain agar tercipta hidup yang damai
dan saling berdampingan.
Ø Tidak mudah terprovokasi pada hal-hal yang tabu yang
dapat mengganggu kehidupan kita, jadi didaerah manapun kita tinggal kita harus
mampu mengendalikan diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan serta
mengikuti peraturan yang ada di wilayah tersebut.
BAB
IV DAFTAR PUSTAKA
(7) Sumeken,Wayan.2012.diktat ilmu pengetahuan sosial
(IPS).klungkung : Drs. I Wayan Sumeken.
Selasa, 10 April 2012
CONTOH DRAMA KOMUNIKASI TERAPEUTIK
4/10/2012 07:24:00 PM
Unknown
DRAMA KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Suatu hari di Jln. Baypass terjadi
kecelakaan, seorang gadis yang mengendarai sepeda motor menabrak tiang pembatas
jalan. Gadis itu mengalami luka pada daerah tangan dan kakinya dan ia langsung
dilarikan ke Rumah Sakit sambil meraung-raung kesakitan.
Pasien : aduh....aduh sakit sekali.
Perawat : sabar... ya mbak. Sakitnya hanya
sebentar nanti setelah diobati
pasti sakitnya
hilang.
Selang beberapa menit kemudian,
keluarga gadis itu datang dengan wajah yang cemas dan tegang.
Eka :
dedi dimana Arin...?
Dedi : m.... nggak tahu aku juga.
Coba kita cari di ruang UGD mungkin
dia disana.
Sesampainya
di ruang UGD, Eka dan Dedi melihat Arin yang masih meraung-raung kesakitan,
lalu mereka menghampiri Arin.
Eka :
Arin....gimana keadaanmu? Apanya yang sakit dan luka?
Arin : Aduh...semua badanku terasa sakit dari tangan,
siku, lutut, kaki...
aduh sakit sekali.
Perawat : tolong ya mas-mas ini tunggu diluar biar kami bisa
mengobati
pasien
dengan cepat.
Eka
& Dedi : Baiklah sus.....
Setelah Arin, selesai diobati ia
dipindahkan ke ruangan perawatan. Setelah tiga hari kemudian perawat datang ke
ruangan Arin dirawat untuk mengganti balutan lukanya.
Perawat : Selamat siang mbak, saya perawat Ayu akan mengganti
balutan
lukanya mbak. Oh ya mbak gimana rasanya setelah beberapa hari
dirawat
disini?
Arin : Rasanya nyaman kok... udah agak mendingan rasa
sakitnya, tapi
saya pingin
cepet pulang soalnya udah kangen sama papa &
mama.
Eka :
Iya nih sus... kapan adik saya bisa pulang? Soalnya biayanya
tidak mendukung nih.... udah kere gitu deh...
perawat :
Kalau soal itu tergantung dari kesembuhan adiknya mas......
baiklah mbak saya akan mulai mengganti
balutan lukanya mbak.
Arin :
Nggak sakit kan sus... ih aku takut....
Dedi :
Udah...udah nggak apa-apa kok.
Eka :
kok pakai diganti segala balutannya? Biarin aja je sus kan nggak
usah repot-repot jadinya.
Perawat : Tujuan dari penggantian balutan
luka untuk mencegah terjadinya
Infeksi serta memberikan rasa nyaman pada
adik mas.
Dedi : oh...begitu toh...hahaha aku
baru tahu nih
Perawat kemudian melakukan prosedur
pelaksanaan penggantian balutan luka sambil menjelaskan langkah demi langkah
kepada pasien.
Perawat : Mbak balutan luka mbak akan dibuka
terus dibersihkan setelah itu
Diberi betadine dan ditutup kembali dengan
has kemudian
diplester.
Arin : Udah selesai ya sus... aduh udah bosen nih.....
Perawat : Udah...udah selesai kok mbak
perawatannya. Jadi mbak bisa
istirahat.
Eka :
Kok cepet banget sih..... kayak kilat
Dedi :
Iya nih kayak kilat... cepet banget....
Perawat :
Baiklah mas dan mbak perawatan lukanya telah selesai. Jadi
mbak bisa istirahat agar lekas sembuh.
Setelah
perawatan selesai, perawat meninggalkan ruangan itu dan drama kami pun
berakhir. Terima kasih atas perhatiannya.
Rabu, 07 Maret 2012
KOMPOSISI KARAWITAN DAN PENGERTIAN GILAK
3/07/2012 04:09:00 AM
Unknown
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Estetika Karawitan
Estetika
berasal dari bahasa Yunani “aisthetika” artinya hal-hal yang dapat ditangkap
oleh panca indera. Pengertian estetika sebagai filsafat, hakekatnya telah
menempatkan pada satu titik dikotomis antara realitas dan abstraksi, dan juga
antara keindahan dan makna. Estetika
tidak lagi menyimak keindahan dalam pengertian konfensional, melainkan telah
bergeser kesebuah wacana dan fenomena. Estetika karya seni modern jika dipahami
melalui pemahaman filsafat seni yang merujuk pada konsep-konsep keindahan jaman
Yunani (abad pertengahan), akan mengalami penciutan atau pembunuhan preseptual,
karena estetika bukan hanya simbolisasi dan makna, melainkan juga daya.
Estetika
karawitan dapat kita lihat dari aspek ide yang terkandung didalamnya, bentuk
penyajiannya, penampilan yang ditunjukkan, keselarasan dan keserasian bunyinya.
Jadi, dapat dikatakan bahwa estetika karawitan sangat penting ada dalam suatu
seni karawitan untuk menunjang segala yang ada didalamnya.
2.1 Pengertian Karawitan
Karawitan
berasal dari bahasa jawa rawit berarti rumit, berbelit – belit, tetapi rawit
juga bararti halus, cantik, berliku-liku, indah dan enak. Kata jawa karawitan
khususnya dipakai untuk mengacu kepada musik gamelan, musik Indonesia yang
bersistem nada nondiatonis ( dalam laras slendro dan pelog ) yang
garapan-garapannya menggunakan sistem notasi, warna suara, ritme, memiliki
fungsi, pathet dan aturan garap dalam bentuk sajian instrumental, vokal dan
campuran yang indah didengar.
3.1 Macam-Macam Karawitan
a. Kerawitan vocal adalah
music yang mempergunakan suara manusia sebagai sumber bunyi.
Contohnya: Sekar
Rare , Sekar Alit/ Tembang Macepat , Sekar Madya , dan Sekar Agung.
b. Karawitan
instrumental (gamelan) adalah karawitan yang dihasilkan dari beberapa alat/
satu alat.
Contohnya: Golongan Tua , Golongan Madya ,dan Golongan Baru
c. Karawitan vocal instrumental adalah karawitan dimana terdapat
unsur gabungan antara suara manusia
dengan alat musik. Contohnya: Gegitan
BAB
II : ISI
1.1 Komposisi Karawitan
Komposisi berasal dai kata "Komponieren" yang digunakan oleh
pujangga Jerman yaitu Johann
Wolfgang Goethe (1749-1832) untuk
menadai cara-cara menggubah (komponier-ern) musik pada abad-abad sebelumnya
(abad 15-17), dimana suara atau lagu utama akan diikuti oleh susunan
suara-suara lainnya yang dikoordinasikan, ditata, atau dirangkai di bawah lagu
utama yang disebut cantus. Komposisi dapat dikatakan sebagai suatu
potongan nada atau musik yang dibuat oleh komponis untuk menghasilkan nada atau
suara yang indah. Dengan memadukan bentuk musik, harmoni, orkestrasi, nada
pengiring, dan segala hal tentang alat musik dan bagaimana
menulisnya dengan baik agar menghasilkan suara merdu.
a. Klasik adalah sebuah karya karawitan baik vocal maupun
instrumental yang telah memiliki pakem (suatu aturan dalam karawitan / hukum
lagu) atau yang sangat ketat baik menyangkut struktur / jajar pageh maupun pola-pola melody dan ritme. Contohnya : tabuh gilak,
tabuh lelambatan, tabuh 3, tabuh 4, tabuh 5, tabuh 6, tabuh 8.
b. Kreasi adalah karya musik yang masih memegang aturan
secara klasik sehingga nuansa tradisinya sangat kental dan tidak terlalu keluar dari kaidah klasik. Contohnya : tabuh kreasi..
c. Modern adalah sebuah karya music yang mencerminkan sebuah peradaban baru yang fenomenanya
c. Modern adalah sebuah karya music yang mencerminkan sebuah peradaban baru yang fenomenanya
kekinian dan tidak terlalu terikat oleh kaidah-kaidah tradisi/ klasik. Contohnya : Band
, Marcing Band
dan Music Dance.
d. Kontemporer adalah sebuah karya music yang mengutamakan kebebasan baik menyangkut konsep,
d. Kontemporer adalah sebuah karya music yang mengutamakan kebebasan baik menyangkut konsep,
teknis, maupun penyajian termasuk pemakaian alat-alat yang notabena bukan tergolong
alat musik.
Contohnya : penggunaan sapu lidi, penggunaan alat-alat dapur
(panci), penggunaan botol bekas yang
kemudian dikemas dalam bentuk musik yang
harmonis dan indah.
2.1 Dasar Keindahan Sebuah Komposisi
a) Ide merupakan
sesuatu yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. Ide yang
cemerlang selalu dibutuhkan saat kita sedang mencari solusi dalam memecahkan
masalah. Apapun jenis kegiatan, pekerjaan, usaha manusia untuk kelangsungan
hidupnya tidak pernah terlepas dengan istilah Ide.
b) Bentuk merupakan
penerapan dari ide yang telah ditentukan dimana terdapat pokok permasalahan
dalam karya komposisi serta mencerminkan isi dari karya tersebut.
c) Penampilan
merupakan aspek pendukung dari penyajian sebuah karya seni termasuk karya
komposisi dimana keindahannya dapat dirasakan.
3.1 Keindahan Komposisi
Keindahan komposisi
suatu gamelan ditentukan oleh :
· Faktor-faktor
komposisi atau struktur dipengaruhi oleh struktur, penonjolan, media, metode
dari keempat itu terbentuklah gending.
· Suara dan laras
gamelan, ada (2) laras yang digunakan dalam membuat atau memainkan suatu musik
yaitu laras pelog dan laras selendro.
· Tata cara menyuarakan
gamelan.
·
Keterampilan
pemain.
·
Penjiwaan pemain
gending.
·
Pengaturan
ornamen-ornamen.
·
Kekompakan dan
keharmonisan.
4.1
Pengertian Gilak
Gilak adalah suatu komposisi yang memiliki ukuran lagu pendek yang
terdiri atas 8-32 ketukan dalam suatu gong atau satu putararan melody. Dalam
membuat komposisi gilak yang terdiri dari lebih dari satu baris yang biasanya 4
baris diusahakan memiliki motif yang berbeda.
BAB III : PENUTUP
KESIMPULAN :
Dapat
dikatakan bahwa estetika karawitan sangat penting ada dalam suatu seni
karawitan untuk menunjang segala yang ada didalamnya. Karawitan adalah seni music
tradisi yang mempergunakan suara manusia dan alat music sebagai sumber bunyinya. Komposisi karawitan dapat dikatakan
sebagai suatu potongan nada atau musik yang dibuat oleh komponis untuk
menghasilkan nada atau suara yang indah. Dengan memadukan bentuk musik, harmoni, orkestrasi, nada
pengiring, dan segala hal tentang alat musik dan bagaimana
menulisnya dengan baik agar menghasilkan suara merdu.
Langganan:
Postingan (Atom)